Minggu, 12 Februari 2012

Mbangkong ?apa itu ?

12 Februari 2012

hari minggu,seperti biasa hari dimana kebiasaan orang-orang turun amat sangat derastis
bagaimana tidak,setelah 6 hari suntuk sibuk melakukan pekerjaan yang yah,,bisa dibilang berat, juga bisa dibilang g,,dimana badan ini sudah mulai capek dimakan pekerjaan kita sendiri (LEBAAAAAAAY)

hass,,,,mw nulis apaan ini aq ?wkwkwk,,,
oh,iya,,,seperti kebanyakan orang-orang,bangun tidur di hari minggu tidak afdol jika g bangunnya g siang ato yang biasa disebut mbangkong 
tapi, kebiasaan semacam ini merupakan kebiasaan yang  kurang baik ? (lho,,,kenapa ?kan enak tuh mbangkong tidurnya banyak ?)
lho,,,bagaimana tidak..
yuk kita tengok dari sudut pandang agama,,saya kan agamanya islam neh,jadi dari sudut pandang islam aja yah,,,hahaha
oke,,kenapa kita tidak diperbolehkan bangun kesiangan ?

menurut para salaf nih, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit..karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan)...nah lho,,,kl udah kayak gitu,masih mau bangun siang neh ?hahaha

kalo orang-orang dulu itu,,yah,,orang-orang pada zaman Nabi sangat membenci tidur pagi.  Ibnul Qayyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur yaitu bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu.  Ibnul Qayyim mengatakan, “Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan"

buat kesehatan neh,,,Pada waktu-waktu tertentu, sistem tubuh kita membuang racun didalamnya. bila  tubuh kita mengenali jadwalnya, tubuh kita dapat memaksimalkan pembuangan racun tersebut.
misalnya tidur terlalu malam atau bangun terlalu siang, bisa mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna, selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang.

dan lagi neh,,,tak tambahi
1. Masalah metabolisme
Jika tidur terlalu lama, tubuh tidak akan berfungsi sesuai ritmenya. Tubuh akan merasa lapar dalam jangka waktu lama dan hal ini mempengaruhi kecepatan metabolisme. Hal ini akan membuat bobot tubuh meningkat.


2. Lesu
Tidur berlebihan akan membuat Tubuh merasa lesu karena metabolisme masih bekerja dalam 'set' malam hari. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi normal. Jika  benar-benar ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.



3. Kehilangan waktu produktif
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran masih segar. Jika  tidur terlalu lama maka akan akhirnya kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari. Sehingga,  harus menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam dengan terburu-buru.



4. Disorientasi
Tidur terlalu lama membuat Otak sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Kecuali, setelah bangun tidur Segera langsung berolahraga. Lalu, karena metabolisme tidak bisa berhenti otak akan membuat  terasa lapar.



5. Sakit kepala
Cairan serebrospinal bergerak ke otak ketika tidur terlalu lama. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan. Jadi, pikirkan lagi jika ingin tidur lebih lama.
 

nah tuh,,,gimana ?masih mw bangun kesiangan ?mbangkong ?

sumber

2 komentar:

  1. la terus tidur yang nurmal itu berapa jam gan, mulai jam berapa dan bangunya jam berapa? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anak-anak, tidur yang baik itu kurang lebih 8 jam gan
      namun untuk dewasa dan remaja, waktu tidur kita berkurang,ini disebabkan karena adanya tambahan pekerjaan yang kita lakukan sehari-harinya, yah, kurang lebih sekitar 6 jam,
      jam yang baik untuk tidur adalah jam 22.00 dan bangun jam 04.00 (normalnya)
      alasannya, sekitar jam 22.00 tubuh kita mulai berkurang aktivitasnya, seperti lambung dan usus, dimana tubuh kita berkonsentrasi untuk menyerap sari-sari makanan untuk digunakan keesokan harinya sebagai energi
      jam 04.00 adalah waktu yang tepat untuk bangun
      alasannya, 1. hawa yang sejuk menambah gairah untuk bekerja, 2. waktu 6 jam yang digunakan tubuh kita untuk menyerap sari-sari makanan sudah saatnya untuk SIAP-SIAP diisi kembali oleh makanan (ingat SIAP-SIAP.artinya, tubuh kita membutuhkan pemanasan untuk diisi kembali)3. dan juga menurut pengetahuan agama yang aye tau nih, jam 04.00 (setelah subuh) adalah waktu para malaikat penjaga langit dan bumi turun semua ke bumi untuk melihat hamba-Nya yang melakukan Ibadah (kegiatan). makanya dianjurkan ketika selesai sholat subuh semua ventilasi baik pintu dan jendela dibuka, untuk "mengajak" para malaikat untuk masuk kerumah kita dan mencatat semua ibadah yang kita lakukan setelah sholat subuh. mungkin itu saja, semoga bisa membantu

      KR

      Hapus